KPU dan Kesbangpol Kompak Ingin Sukseskan Program DP3

  • Share

Halteng-Teropongmalut.com, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Tengah melakukan Rapat koordinasi  dengan Pemerintah daerah melalui Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Halteng Provinsi Maluku Utara  dalam rangka kesiapan menyambut tahapan Pemilu dan pemilihan Gubernur, Bupati Walikota 2024 mendatang. Rakor digelar di kantor KPU Halteng Rabu (16/06).

Menurut koordiator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM,  Fahrudin Abdullah, menyebi salah satu strategi program terbaru sekarang ini adalah Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), untuk mendukung program KPU RI melalui KPU Provinsi Maluku Utara (Malut), maka KPU kabupaten Halmahera Tengah berkoordinasi dengan Kesbangpol.

Rapat Koordinasi dengan kantor Badan Kesbangpol itu dihadiri Anggota KPU Kabupaten Halteng Fakhruddin Abdullah didampingi oleh Sekretaris KPU Syamsul Bahri Kalam, Kepala Sub Bagian Hukum dan SDM Ruslan Abd. Rahman, dan staf Sub Bagian Teknis dan Hupmas Safrin Salim dan Zulfikhar, Rombongan di terima oleh Kepala Bidang Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Waggas Muhamad.

“Kunjungan ini bermaksud untuk melakukan sosialisasi dan koordinasi mengenai program DP3 diluncurkan KPU RI melaui KPU Provinsi Malut belum lama ini,” kata Fakrudin Abdullah.

Dalam pertemuan itu, kata Fahrudin  Pemerintah Daerah melalui Kesbangpol sangat  merespon dengan baik program DP3 ini, sebab ada salah satu program di Kesbangpol juga berkaitan dengan program DP3 ini.

Karenanya KPU akan menyalarasakan program DP3 dengan program yang dicanangkan oleh Badan Kesbangpol. “Saat kita koordinasi, Alhamdulillah ada salah satu program di Kesbangpol Halteng, berkaitan dengan komitmen pemerintah untuk menyukseskan Pemilu di 2024, dengan fokus di Desa-Desa yang tersebardi 10 kecamatan yang ada di kabupaten Halteng,” paparnya.

Dia mengungkapkan Program yang dicanangkan Kesbangpol Halteng itu masih akan diajukan untuk dapat diakomodir di APBD Perubahan, namun belum dipastikan berapa desa yang akan menjadi titik fokus untuk merealisasikan program tersebut.

“Kita di KPU sudah menyiapkan sejumah desa yang mudah dijangkau, dan Kesbangpol akan menyesuaikan sejumlah desa yang disiapkan oleh KPU Halteng,” ungkapnya.

Tujuan program DP3 ini adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran politik masyarakat serta untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Sasarannya adalah Desa
dengan tingkat partisipasi pemililh rendah, Desa dengan potensi konflik atau resiko
bencana alam dan desa dengan potensi pelanggaran pemilu dan pemilihan tinggi. (Anches/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *