KUPP Kelas II Weda Tak Paham Mengatasi Masalah Kerusakan Tanggul Pantai di Pelabuhan Laut Weda

Reporter : Odhe 

Editor : Redaksi 

HALTENG, Teropongmalut.com – Di Pelabuhan Laut Kelas II Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara, terjadi kerusakan pada tanggul pantai akibat penumpukan kontainer milik PT. Pelni. Kontainer-kontainer tersebut ditempatkan secara sembarangan tanpa alas beton yang layak, dan beberapa bahkan disandarkan pada tanggul penahanan ombak. Hal ini telah menyebabkan kerusakan serius pada sebagian tanggul pengamanan pantai.

Setelah insiden ini terjadi, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) yang bertanggung jawab atas pengelolaan Pelabuhan Laut Weda, mengambil tindakan untuk mengatasi masalah ini. Beberapa tindakan yang telah dilakukan, seperti evaluasi infrastruktur, perbaikan tanggul, pengawasan ketat, dan edukasi lingkungan, seharusnya menjadi langkah yang tepat dalam menangani kerusakan ini.

Namun, meskipun tindakan telah diambil, KUPP Kelas II Weda mendapat kritik karena dianggap kurang paham dalam mengatasi masalah kerusakan tanggul pantai. Beberapa pihak menyoroti bahwa penumpukan kontainer yang sembarangan dan kurangnya perhatian terhadap infrastruktur pelabuhan menunjukkan kurangnya pemahaman dan kepedulian dari pihak KUPP.

Kritik ini menyoroti pentingnya pemahaman yang mendalam dan penanganan yang efektif dalam menghadapi masalah lingkungan di pelabuhan. Sebagai pengelola pelabuhan, KUPP memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memperbaiki infrastruktur pelabuhan dengan baik. Diharapkan agar KUPP Kelas II Weda dapat belajar dari kejadian ini dan meningkatkan pemahaman serta tindakan yang lebih efektif dalam mengatasi masalah kerusakan tanggul pantai, sehingga Pelabuhan Laut Weda dapat kembali berfungsi dengan baik sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Terkait perihal kerusakan tanggul pantai di Pelabuhan Laut Weda akibat penumpukan kontainer PT. Pelni, media Teropongmalut.com mengkonfirmasi Kepala Kantor UPP Kelas II Weda, Febrianto D Iskandar pada Kamis, 4 April 2024 sore. Namun, hingga saat narasi berita ini ditayangkan, pihak Kepala Kantor UPP Kelas II Weda belum memberikan klarifikasi mengenai masalah ini.

Ketidakhadiran klarifikasi dari pihak Kepala Kantor UPP Kelas II Weda menimbulkan pertanyaan lebih lanjut terkait tanggung jawab dan langkah yang akan diambil untuk mengatasi kerusakan tanggul pantai di Pelabuhan Laut Weda. Masyarakat dan pihak terkait menantikan penjelasan resmi dari pihak Kepala Kantor UPP Kelas II Weda mengenai peristiwa ini, serta langkah-langkah yang akan diambil untuk memperbaiki dan mencegah terjadinya kerusakan serupa di masa depan.

Kehadiran klarifikasi sangat penting dalam memberikan transparansi dan kejelasan kepada masyarakat serta memastikan tanggung jawab yang diemban oleh pihak terkait. Diharapkan agar pihak Kepala Kantor UPP Kelas II Weda segera memberikan klarifikasi yang diperlukan agar masalah ini dapat ditangani dengan baik dan langkah-langkah perbaikan dapat segera dilakukan.

IMG-20240406-WA0003
IMG-20240406-WA0008
IMG-20240406-WA0005
IMG-20240408-WA0072(1)
IMG-20240409-WA0018
previous arrow
next arrow
IMG-20240406-WA0052
IMG-20240407-WA0028
IMG-20240406-WA0045
previous arrow
next arrow
SAVE_20240410_210756
SAVE_20240410_210756
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *