Mari Wujudkan Desa Mina Padi Menjadi Desa Yang Berdaya Saing

Reporter : Odhe 

Editor : Redaksi 

HALTENG, Teropongmalut.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah melalui Pj. Ir. Ikram Malan Sangadji bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Selasa tanggal 13 November 2023 melounching Desa Mina Padi yang dipusatkan di Desa Lemba Asri Kecamatan Weda Selatan.

Kegiatan tersebut didukung lintas sektor yang terintegrasi yaitu, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, BUMN, serta Perbankan. Lokasi tersebut dijadikan kawasan percontohan pertanian terpadu antara perikanan, pertanian, pariwisata, pendidikan, dan ekonomi kreatif sekaligus sebagai tempat edukasi masyarakat umum.

Kepala Dinas Perikanan Halteng, Mufti Murhum, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bagian dari program prioritas Pj. Bupati Halteng, yaitu program pengentasan kemiskinan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Alhamdulillah atas dorongan dan motivasi dari Bapak Bupati, hari ini kami mulai lounching Desa Mina Padi ini untuk menjadi satu kawasan wisata, edukasi, pengembangan kuliner dan lain-lain,” ujarnya.

Mufti mengaku, meski masih banyak kekurangan dalam acara lounching ini, pihaknya terus berkoordinasi dan kerja sama dengan pemerintah desa untuk membangun fasilitas wisata di kawasan tersebut.

“Sebenarnya yang kami inginkan

pada saat lounching ada tambahan fasilitas yang kurang kalau kita presentasikan sudah diatas 70 persen. Namun kerja sama kami dengan pemerintah desa terkendala pencairan anggaran di tingkat desa, sehingga tanggung jawab mereka untuk membangun gazebo mengelilingi kawasan ini belum terpenuhi.

“Dua minggu ke depan tambahan gazebo itu akan dibangun lebih lengkap, agar ketika ada kunjungan tamu atau wisatawan yang kesini, mereka sudah bisa menikmatinya dengan lengkap,” tandasnya.

Mufti juga bilang selain Mina Padi, kawasan tersebut terdapat kolam permanen untuk pembesaran ikan, kemudian ada juga kolam pemijahan.

“Mudah-mudahan dengan konsep yang baru ini yang kami tawarkan ke depan bisa menjadi kampung perikanan cerdas atau smart fisheries village, menjadi perhatian dari kementerian kelautan dan perikanan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Ambon mengatakan, untuk menuju kampung perikanan cerdas atau smart fisheries village, konsep ini yang sangat bagus.

Karena lanjut dia, konsep kampung perikanan cerdas sendiri terintegrasi dari hulu ke hilir, dan terkoneksi dengan sektor lain, khususnya parawisata.

“Insha Allah, ini tinggal dikembangkan saja. Tentu ini harus didukung oleh seluruh pihak, baik pemerintah pusat, daerah, mapun teman-teman dari BUMN dan Perbankan,” pungkasnya.

Semoga desa ini menjadi kampung budi daya berbasis daratan Mina Padi. Seperti desa panambanan, salah satu desa kampung perikanan cerdas percontohan yang ada di Indonesia,” lanjutnya.

Sementara, Pj. Bupati Halteng Ir. Ikram Malan Sangadji memberikan dukungan dan mengajak kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan yang tersedia untuk menyokong perekonomian dan menjadi produsen padi.

“Lahan yang di belakang, dibuka aja tu, buat kita jadi produsen padi,” ajaknya.

Program Mina Padi merupakan bentuk integrasi antara pertanian dan perikanan yang dikembangkan dalam satu lahan.

Ia menyebut jangan pernah ada kata mundur untuk tetap mewujudkan Desa Mina Padi agar menjadi desa yang berdaya saing. Tetap semangat berkarya di bidang perikanan dan pertanian, sehingga bisa mewujudkan ketahanan pangan di Halmahera Tengah.

“Dalam program kegiatan ini, jangan pernah ada kata mundur. Maju terus, Tetap semangat berkarya di bidang perikanan dan pertanian sehingga bisa mewujudkan ketahanan pangan di Halmahera Tengah,” pintanya.

Di hadapan petani Pj bupati mengapresiasi panen padi beberapa waktu lalu, produksi padi dari Januari sampai September tahun 2023 sebanyak 167 ton.

“Dari hasil itu bupati berharap kepada petani bisa meningkatkan pendapatan, sayang kalau tidak ada pendapatan yang dihasilkan percuma ditanam,” tuntasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *