Masyarakat Patani Hari Ini Resmi Nikmati Pelayanan TNI AD Manunggal Air

Penulis : Odhe 

Editor : Redaksi 

HALTENG, Teropongmalut.com – Manunggal Air merupakan program yang diinisasi TNI AD untuk memperkuat ketersediaan air bersih di wilayah strategis. Gerakan TNI AD Manunggal Air bertujuan utamanya guna mendukung berbagai program pemerintah, termasuk ketahanan pangan dan percepatan pengentasan stunting. TNI AD siap mengabdi dan membangun bersama rakyat.

Masyarakat Kecamatan Patani Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara Selasa, (06/02/2024) pagi tadi mendapat manfaat program unggulan TNI AD Manunggal Air, sebagaimana yang sebelumnya dirasakan banyak daerah lainnya di Indonesia.

Pelayanan air bersih tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., di Desa Yendeliu, Kecamatan Patani, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

Kasad TNI AD menyampaikan dalam sambutannya bahwa, selain di Halmahera Tengah, beberapa titik air bersih juga dibangun di beberapa daerah lainnya di Maluku Utara. Kasad juga menekankan kepada jajarannya agar terus berkomunikasi dan bersinergi dengan seluruh Forkopimda di daerahnya masing-masing, untuk menjaga hubungan baik dalam rangka membangun program-program yang direncanakan.

“Kita juga akan mendata daerah-daerah yang belum mendapat air bersih, sehingga di seluruh wilayah Kodam mendapatkan air bersih seluruhnya. Kita akan terus berupaya mendistribusikan beberapa alat untuk membuat sumur air bersih, yang mana beberapa wilayah sudah merasakan air bersih ini. Semoga seluruh masyarakat bisa merasakan program yang kita lakukan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Kasad mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan mendukung realisasi program Manunggal Air di Patani. Jenderal bintang empat ini berharap kehadiran infrastruktur baru ini dapat secara signifikan bermanfaat dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara. Disamping berguna sebagai suplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pertanian, perkebunan, maupun perikanan, sehingga kesejahteraan masyarakat setempat meningkat.

Dalam program ini Kecamatan Patani terpilih sebagai pusat pelayanan air bersih TNI AD Manunggal Air dan hari ini kita lounching air bersih di sini, karena kami berkomitmen untuk terus menjalankan kegiatan sosial, diantaranya pengadaan air bersih, sembako, menjaga alam, penanganan sampah dan pembukaan lahan dan lainnya, karena air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Setelah tiga tahun TNI AD Manunggal Air, Jenderal bintang empat ini mengaku lebih fokus pada air bersih, menjaga alam dan ketahanan pangan. Karena tiga hal diatas karena sangat dibutuhkan masyarakat,” tandasnya.

Kurang lebih tiga tahun TNI AD kita membuat hampir 2000 titik air bersih di daerah Indonesia, tapi semua itu bisa terlaksana atas dukungan dari berbagai unsur yang ada pada pemerintah. Patani terpilih karena Pemerintah dan perusahaan mendukung program TNI AD Manunggal Air. Baru kali ini perusahaan menjadi donator program TNI AD Manunggal Air. Kasad juga mengajak agar Polri membangun bersama-sama masyarakat, jangan sampai masyarakat kita kekurangan air bersih,” ajaknya.

Kegiatan tersebut dihadiri Plt. Gubernur Maluku Utara Ir. M. Al Yasin Ali, Pj. Bupati Halteng, Ir. Ikram M. Sangadji, Pangkostrad, Pangdam XVI/Pattimura, Danrem 152/Baabullah, pejabat tinggi TNI AD, Ketua DPRD Halteng, Hi Sakir Ahmad, para Camat dan Kades, tokoh masyarakat, serta perwakilan berbagai instansi terkait.

Selain Lounching Manunggal Air, Kasad juga menyaksikan Penandatangan Kerja Sama (PKS) antara Aster Kasad dan Pj. Bupati Halmahera Tengah. Selain itu, Kasad didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Uli Simanjuntak, juga meninjau khitanan massal, pengobatan massal, UMKM, serta memberikan tali asih kepada anak-anak dan warga setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *