Menangkal Pudarnya Minat Baca, HMI Komisariat Eksakta Buka Lapak Baca di UMMU

  • Share

Ternate-TeropongMalut.com, Melalui Bidang Perguruan Tinggi  Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Eksakta UMMU Ternate menggelar lapak baca.

Agenda tersebut di gelar pada, Rabu (03/11/2021) di lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate.

Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) HMI Komisariat Eksakta UMMU Ternate, Yusril J. Todoku, dalam penyampaiannya menuturkan bahwa kegiatan ini untuk mengembalikan nuansa literasi di lingkungan kampus guna meningkatkan minat baca para Mahasiswa.

“Lapak baca ini bertujuan untuk mengisi waktu senggang untuk manarik minat baca para Mahasiswa, apalagi di sela-sela rutinitas perkuliahan di Kampus,” ucapnya.

Yusril menilai, dalam beberapa dekade ini, minat baca para Mahasiswa sangatlah minim sehingga tradisi intelektual di lingkungan Kampus pun mulai hilang.

“Lapak baca ini sengaja kami lakukan untuk kembali melakukan penyadaran pada Mahasiswa bahwa membaca sangatlah penting, apalagi dalam dunia perkuliahan,” ungkapnya.

Kata dia, dalam agenda ini selain hadir untuk membaca, pihaknya juga menyediakan ruang bagi Mahasiswa untuk berdiskusi ataupun mengevaluasi hasil bacaan serta mengasah pengetahuan.

Ia juga berharap, agar para Mahasiswa terkhususnya kader HMI terus aktif dalam mengampanyekan semangat literasi serta menanamkan minat baca sebagai bentuk pengembangan intelektual dalam dunia perkuliahan.

“Hal ini kami anggap sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan bahwa pandangan tentang dunia perkuliahan itu tidak serta-merta sebatas kelas, belajar, tugas, dan pulang. Tapi, bagaimana rutinitas ini sejalan dengan meningkatkan produktivitas diri lewat berorganisasi dan bersimpati lebih pada budaya literasi,” tutupnya. (Fai/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *