Pemkot Ternate Diminta Segera Hidupkan Pelaku UMKM

  • Share

Ternate-TeropongMalut.com, Dalam rangka pemulihan ekonomi Kota Ternate, penting kiranya menghidupkan pelaku-pelaku usaha UMKM agar bisa bersaing dengan menciptakan pasar yang produktif dan kemudian dapat dipasarkan dengan memanfaatkan digitalisasi. Demikian dijelaskan juru bicara fraksi Berkarya Perindo Kota Ternate Rustam Saribula, pada rapat Paripurna pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD terhadap LPP APBD Kota Ternate Maluku Utara tahun 2020 di Gedung DPRD pada Senin (14/06)

Selanjutnya kaitan dengan daya serap angkatan kerja, perlu dibijaki, mengingat banyak tenaga kerja yang berasal dari luar daerah yang bekerja pada investasi-investasi baru seperti Indomaret, Alfamidi dan lainnya.

“Menjadi kekuatiran Fraksi kami, jangan sampai angka pengangguran semakin melebar dan menimbulkan kesenjangan baru di Kota Ternate, karena tenaga kerja Lokal sendiri tidak diberdayakan,” jelas Rustam

Hal itu penting, karena disamping ketersediaan barang dan jasa, kemajuan perekonomian suatu daerah ditandai dengan kemampuan pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja baru. Karena salah satu indikator sosial untuk mengukur keberhasilan pembangunan dalam hal kesejahteraan penduduk adalah indikator ketenagakerjaan.

Permasalahan penting dalam ketenagakerjaan lanjut Rustam, selain keadaan tenaga kerja dan struktur tenaga kerja adalah permasalahan pengangguran yang selama ini kita hadapi, dari sisi ekonomi, pengangguran merupakan produk dari ketidakmampuan pasar kerja dalam menyerap angkatan kerja yang tersedia.

Tingginya angka pengangguran tidak hanya menimbulkan permasalahan di Bidang Ekonomi, namun juga menimbulkan berbagai masalah kemiskinan dan kerawanan sosial. “Tingkat pengangguran terbuka yang tinggi berdampak pada permasalahan dibidang sosial terutama kemiskinan,” jelasnya. (Dar/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *