Pemuda Pelajar Goto Tikep, Sukses Gelar Tabligh Akbar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Share

TIDORE-TeropongMalut.com, Forum Pemuda Pelajar Goto-Tidore (FPPG-T) Gelar “TABLIQ AKBAR” Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabbiul Awal 1443 Hijriyah pada Sabtu 23 Oktober 2021.

Tablig Akbar itu mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasulullah SAW sebagai Bekal Pribadi yang Unggul”. Tabligh Akbar di pusatkan di Mushollah Al-furqan Kelurahan Goto, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Tabligh Akbar diawali dengan pawai obor keliling kampung lalu dilanjutkan dengan Tabligh Akbar sebagai wujud menunjukkan rasa cinta kepada Nabi besar Muhammad SAW, yaitu dengan selalu mengenang hari kelahiran beliau.

Azmain Yasri, Ketua FPPG-Tidore dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diadakan dengan tujuan selain untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan jalinan silaturahmi antar sesama masyarakat kelurahan Goto.

Azmain Yasri, menegaskan, Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk penghargaan yang besar kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Foto: Ketua Forum Pemuda Pelajar Goto Tikep Azmain Yasri (istimewa)

“Kita harus bangga memiliki hari besar ini. Maulid Nabi yang diadakan setiap tanggal 12 Rabbiul Awal tidak hanya dirayakan dengan hura-hura saja, tetapi momen ini harus harus dijadikan sebagai media untuk meningkatkan kecintaan kita sebagai kaum muslimin kepada nabi Muhammad SAW,” ajaknya.

Tak lupa ia, menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan Pemuda Pelajar serta pihak-pihak yang telah turut membantu dalam kegiatan itu, baik moril maupun materil.

“Semoga kita semua digolongkan sebagai umat yang mendapat syafaat dari beliau kelak. Aaamiin,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Talib Ibrahim, yang mewakili Camat Tidore, mengaku sangat mengapresiasi Kegiatan yang digagas oleh pemuda.

“Kegiatan yang dilaksanakan sangat lah tepat karena berpatokan kepada maulid nabi Yang meneladani suri tauladan Rasulullah SAW baik Ahlak, Ilmu dan disandingkan dengan refleksi betapa besarnya peran pemuda dalam perkembangan bangsa ini” ujarnya.

Peringatan Maulud dimaksudkan agar lebih mempererat tali silaturrahmi serta persatuan dan kesatuan umat Islam, khususnya warga Kelurahan Goto.

Foto; Suasana Kelurahan Goto (istimewa)

Adapun yang diminta panitia untuk mengisi ceramah maulid Nabi Muhammad SAW adalah Ustad Agus Taufan, S.Pdi. selaku Pimpinan Pondok Pesantren Ali bin Abi Thalib Kota Tidore, Dalam ceramahnya menyampaikan ulasan sekitar tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

Mengutip dari tema Tablig Akbar kata Ustad “Meneladani Akhlaknya Rasulullah SAW sebagai Bekal Pribadi yang Unggul” merupakan tema tepat, apalagi kegiatan ini digagas oleh pemuda dan pelajar, olehnya itu seluruh jamaah tidak hanya Pemuda, diajak untuk dapat mengambil hikmah peringatan maulid nabi.

“Memperingati Maulid Nabi, artinya kita musti menjalankan perintah-perintah Allah SWT yang dibawakan oleh Rasulullah,” kata Ust. Agus Taufan.

Ditandaskan juga bahwa setiap individu umat islam harus meneladani Nabi Muhammad SAW, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, maupun masyarakat.

Kegiatan itu berjalan lancar dan khidmat. Di akhir acara ditutup dengan pembacaan doa oleh imam masjid As Sholihin kelurahan Goto,

Diiringi dengan sholawat nabi oleh Anak anak TPQ kelurahan Goto, dan Puisi dari Pemuda kelurahan Dowora.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Kelurahan Goto, kepala kelurahan Seli, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ikatan Pemuda, Ibu Majelis Taklim, TPQ Kelurahan Goto, Remaja Masjid serta tamu undangan lainnya. (Eno/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *