Pemungutan Suara Ulang di TPS 08 Kelurahan Tabona Berjalan Lancar

Ternate, Teropong Malut – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 08 Kelurahan Tabona, Kecamatan Ternate Selatan, pada Sabtu (22/6/2024). PSU ini dilaksanakan sesuai ketentuan Pasal 373 ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang mengharuskan pemungutan suara ulang dilakukan paling lambat 10 hari setelah pemungutan suara awal.

Pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Dari hasil pemantauan media Teropong Malut di lokasi, pelaksanaan PSU berjalan aman dan lancar dengan pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Proses pencoblosan dihadiri oleh saksi dan pengawas TPS 08.

Partisipasi masyarakat dalam PSU kali ini cukup tinggi, dengan 254 dari 285 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) menggunakan hak pilihnya, mencapai tingkat partisipasi sebesar 85,4 persen. Dari jumlah tersebut, 3 pemilih telah meninggal dunia dan 3 lainnya pindah memilih. Jumlah surat suara yang terpakai sebanyak 241, dengan 49 surat suara tidak terpakai dan 1 surat suara rusak.

PSU ini diselenggarakan untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil 2 Kecamatan Ternate Selatan dan Kecamatan Pulau Moti. Pelaksanaan PSU mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk Kapolres Kota Ternate AKBP Niko Irawan dan Walikota Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, serta beberapa pejabat lainnya yang turut memantau langsung proses pemungutan suara.

Pelaksanaan PSU di TPS 08 Kelurahan Tabona dilakukan karena pemungutan suara pada 14 Februari 2024 dihentikan. Diketahui bahwa surat suara untuk pemilihan Anggota DPRD Kota Ternate Dapil 2 Kecamatan Ternate Selatan dan Kecamatan Pulau Moti tidak ditandatangani oleh KPPS TPS 08 dan dianggap sah sehingga diamankan dalam kotak suara. Saat ini, proses penghitungan suara di TPS 08 sedang berlangsung.

Berita ini diturunkan dengan harapan pemungutan suara ulang dapat memberikan hasil yang lebih valid dan diterima oleh semua pihak terkait. (Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *