Peredaran Kayu Ilegal Marak, Pengusaha Berizin Terancam Gulung Tikar, 

Reporter : Odhe 

Editor : Redaksi 

HALTENG, Teropongmalut.com – Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara, belakangan ini dilanda masalah yang sangat kronis yakni terkait peredaran kayu ilegal yang merugikan negara hingga milyaran rupiah. Dalam kasus ini, pengusaha kayu berizin industri juga terancam gulung tikar akibat dampak yang ditimbulkan.

Hal ini disampaikan warga yang enggan identitasnya disebutkan Sabtu tanggal 25 November 2023 kemarin. Menurutnya beberapa laporan warga lain menunjukkan bahwa sejumlah pelaku dan pengusaha kayu ilegal di Weda Kabupaten Halmahera Tengah, diduga telah lama merugikan negara dengan melakukan aktivitas peredaran kayu olahan secara ilegal. Mereka memanfaatkan celah dalam sistem perizinan dan memperkaya diri sendiri.

Dampak dari peredaran kayu ilegal ini tidak hanya merugikan negara, tetapi juga berdampak pada pengusaha kayu yang berizin industri. Mereka menghadapi persaingan tidak sehat dan kesulitan dalam memasarkan produk kayu mereka yang legal.

Kondisi ini mengancam kelangsungan usaha pengusaha kayu berizin industri, yang harus mematuhi aturan dan membayar pajak dengan benar. Banyak dari mereka yang terpaksa harus menutup usaha mereka karena tidak mampu bersaing dengan harga kayu ilegal yang lebih murah.

Pemerintah dan aparat penegak hukum setempat telah melakukan tindakan untuk mengatasi peredaran kayu ilegal ini. Namun, masih diperlukan upaya yang lebih besar untuk memastikan keberlanjutan industri kayu yang legal dan melindungi kepentingan negara serta pengusaha kayu yang berizin.

Berita ini menjadi peringatan bagi kita semua tentang pentingnya penegakan hukum dan pengawasan yang ketat terhadap peredaran kayu ilegal. Selain itu, dukungan dan preferensi terhadap produk kayu legal juga penting untuk menjaga keberlangsungan industri kayu yang berizin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *