Petani Tomat Binaan GP Ansor Halut Panen Perdana

  • Share

Halut-Teropongmalut.com, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Halmahera Utara, melalui kelompok sahabat tani melakukan panen perdana tomat jenis serfo sebanyak 1 ton pada selasa 7 Desember 2021.

Sahabat tani bentukan GP. Ansor Halut tersebut pada hari ini tengah melakukan panen perdana tomat jenis serfo sebanyak 1 ton, menariknya pada panen perdana ini langsung diserbu oleh para tengkulak lokal sehingga hasil panen yang rencananya di jual langsung ke pasar dan warga sekitar tak lagi jalan. Sebab suda diborong habis oleh para tengkulak-tengkulak lokal.

Ketua GP. Ansor Halut Jarnawi Dodungo, saat dikonfirmasi Teropongmalut.com di sekretariat GP. Ansor mengatakan bahwa kami mengajak kepada OKP dan anak muda Halut harus melihat potensi yang ada untuk digarap sebagai usaha untuk mengembangkan perokonimian baik itu secara perorangan maupun dalam bentuk kelompok tertuma di bidang pertanian.

“Sebagai anak muda kita harus memiliki konsep serta ide-ide cemerlang dalam melihat potensi sumber daya alam kita untuk dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” ajaknya.

“Jadi untuk anak muda khususnya di Halut bahwa suda saatnya kita merubah mainset kita agar kita tidak berada diruang yang hampa, saatnya anak muda berkreasi khususnya dibidang pertanian,” Jarnawi.

Jarnawi juga meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara dibawa kepemimpinan Bupati Ir. Frans Manery dan Wakil Bupati Mukhlis Tapi-Tapi, agar dapat mendukung para kelompok tani yang ada di Kabupaten Halmahera melalui suport dana dan fasilitas-fasilitas penunjang laninnya.

Jarnawi juga meminta kepada Pemkab Halut agar dapat membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang hasil pertanian seperti tomat tidak lagi di impor dari luar. Sebab Halut dengan adanya kelompok tani holti cultura yang ada saat ini suda mampu memasok kebutuhan pasar.

“Pemkab Halut alangkah baiknya hentikan impor produk dari luar daerah,” pungkas Jarnawi. (Ikwan/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *