Pj Bupati Halteng Hadiri Upacara Dirgahayu ke 78 TNI Potong Tumpeng, Dandim 1512/Weda Jadi Irup,

Reporter : Odhe
Editor : Redaksi

HALTENG, Teropongmalut.com – Upacara Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 78 dengan tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” yang bertempat di halaman Kantor Bupati jalan Trikora Bukit Loiteglas desa Loiteglas Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara Kamis, tanggal 05 Oktober 2023 pagi tadi hadir Penjabat (Pj) Bupati Halteng, Ir. Ikram Malan Sangadji dalam pemotongan tumpeng.

Sementara Dandim 1512/Weda, Letkol Arh. Ali Akbar bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan Kapten Inf. Juliaddin sebagai Komandan Upacara, Kapten Inf. Sofyan sebagai Perwira Upacara dan Serma La Karman bertindak sebagai pembaca doa serta Sertu Jasman sebagai pengucap Sapta Marga.

Amanat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang dibacakan Dandim 1512/ Weda, Letkol Arh. Ali Akbar menyampaikan peringatan HUT ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, sekaligus berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Tema tersebut diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi Bangsa Indonesia dalam waktu dekat ini adalah pemilihan umum serentak tahun 2024, yang akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta pilkada serentak di 548 daerah yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya,” lanjutnya.

Dalam amanat tersebut juga, Dandim menyampaikan beberapa penekanan dari Panglima TNI untuk dipedomani, yaitu tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME), sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas itu pertama dan. Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI serta terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI., Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini. Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, Kementerian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk, dan Kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada selalu ingat.

Amatan media ini, usai pelaksanaan upacara, dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun oleh Pj. Bupati Halteng, Ir. Ikram Malan Sangadji yang didampingi Dandim 1512/Weda, Ketua DPRD Halteng, Hi. Sakir Ahmad, Kapolres Halteng, AKBP Faidil Zikri, Kajari Weda sekaligus diakhiri sesi foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *