PT Wanatiara Persada Hibah Rumah Produksi dan Mesin Pengolahan Botol Air Mineral Ke Unkhair Ternate

Ternate. Malut. TM – PT Wanatiara Persada dan PT Rimba Kurnia Alam (RKA), pada Senin, 21/08/2023. secara resmi melakukan serah terima sekaligus Penandatanganan Berita Acara hibah gedung Rumah Produksi, dan Mesin Pengisi Botol Air Mineral ke Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, acara ini juga dirangkaikan dengan pemotongan pita oleh Advisor PT. Wanatiara Persada, I Gede Wayan Suntamayan di dampingi Rektor Unkhair, M. Ridha Ajam. Bertempat di Jl. Jusuf Abdulrahman, Kampus II Kelurahan Gambesi Kota Ternate Selatan.

Acara Penyerahan bangunan gedung dan mesin tersebut disaksikan Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik, Hasan Hamid, Warek II Bidang Umum, Kepegawaian, serta bagian Keuangan, Abdullah W Jabid,
Turut hadir juga Warek III Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni, Abdul Kadir Kamaluddin, Ketua Satuan Pengawasan Internal (SPI), Irfan Zam Zam, Kepala Biro Umum Kepegawaian dan Keuangan (BUKK) M. Tahir Abd Kadir, disertai Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Nurdewi Riska, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEK) Muhsin N Bailussy dan Dekan Fakultas Teknik Enda Harisun.

Advisor PT. Wanatiara Persada, I Gede Wayan Suntamayan bertemu dengan Rektor Unkhair, M. Ridha Ajam.

Dalam sambutannya, Rektor Unkhair Ternate, M. Ridha Ajam, mengisahkan bantuan berupa Bangunan serta komponen lainnya itu berawal dari pertemuan dirinya dengan Direktur PT. Wanatiara Persada, Suherman. dalam suatu kesempatan, ia (Rektor) menyampaikan maksud dari pertemuan tersebut agar Unkhair Ternate dapat di beri bantuan fisik berupa pembangunan rumah produksi lengkap dengan mesin pengolahan.

“Alhamdulillah hal itu direspon cepat oleh Pak Suherman, bahkan langsung menganggarkan 1 milyar untuk pembangunan rumah produksi lengkap dengan mesin pengolahannya,” tuturnya.

Selanjutnya, kata Ridha, bantuan ini akan dikelola langsung oleh Badan Pengelola Usaha (BPU), sebab semua bisnis ditangani sendiri, mengingat Unkhair telah berstatus Badan Layanan Umum (BLU).

Selain itu, kerjasama ini tak sebatas rumah produksi saja, ia berharap agar kemitraan ini dapat berlanjut ke bisnis pangan. Karena menurut dia Unkhair Ternate tengah merencanakan produksi ayam potong sebanyak 8.000 ekor, proyeksi ini otomatis dapat memenuhi permintaan daging ayam selama 1 bulan di perusahaan Wanatiara Persada.

“Jika permintaannya per minggu, maka kita bisa layani. Sebab produksinya hanya selama 2 bulan. Artinya jika kapasitas 5000 ekor selama 2 bulan bisa dilakukan panen beberapa kali, dan selanjutnya akan disuplay ke Wanatiara,” kata Ridha.

Ridha juga mengakui, di berbagai pertemuan dengan koleganya, dia sering menceritakan bahwa Wanatiara Persada meskipun sebuah perusahaan kecil, namun berani berbagi untuk negeri, padahal di Maluku Utara sendiri ada perusahaan yang skalanya lebih besar,

“Atas nama Rektor dan Civitas akademika Unkhair Ternate menyampaikan banyak terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Perusahaan Wanatiara atas kepedulian terhadap kami, bantuan ini sudah tentu akan mensuport penganggaran untuk Unkhair kedepannya, ” jelasnya.

Sementara itu, Advisor PT. Wanatiara Persada, I Gede Wayan Suntamaya, mengatakan pembangunan gedung ini merupakan hasil kerjasama Wanatiara Persada dengan Unkhair Ternate, dan tindaklanjut dari MoU pada 23 Februari tahun 2023.

“Ada beberapa kerjasama yang dilaksanakan Wanatiara Persada, selanjutnya kita kerjasama dengan Fakultas Pertanian Prodi Perikanan, kerjasama ini dalam rangka membuat Base Praktis Reklamasi, dan semoga berlanjut di bidang lainnya,” Kata Wayan.

Selain itu, Wayan mengatakan kerjasama ini juga merupakan Visi dan Misi dari Tridharma Perguruan Tinggi dengan PT. Wanatiara Persada, dimana perusahaan memiliki kewajiban, tanggungjawab sosial, dan lingkungan sebagaimana program Corporate Social Responsibility (CSR).

Menurut Wayan, sebuah perusahaan punya tanggungjawab lingkungan di sekitarnya. Pertimbangan itulah, pihaknya melaksanakan kerjasama diberbagai bidang dengan Unkhair.

“Besar harapan, semoga Gedung Rumah Produksi ini dapat bermanfaat bagi Civitas Akademika Universitas Khairun, terus di rawat, dan kerjasama ini menjadi berkah dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Wayan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *