Slider
194 views

Puluhan Pekerja Tidak Diberi THR, SPN Kota Ternate Kecam Tindakan PT. Berlian Sinar Terang

Ternate-TeropongMalut.com, Plt. Sekretaris Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kota Ternate Surkirman Naim mengecam tindakan  PT. Berlian Sinar Terang yang enggan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan ke puluhan karyawannya (Pekrja/Buruh).

Menurut Surkiman,  berdasarkan surat edaran Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang pelaksanaan pemberian THR keagamaan tahun 2021 bagi pekerja/buruh di perusahaan telah menegaskan bahwa perusahan wajib memberikan THR kepada pekerja/buruh 7 hari jelang hari keagamaan.

“Pemberian THR kepada buruh/pekerja merupakan suatu kewajiban yang harus di berikan setiap satu tahun sekali oleh perusahaan saat berlangsungnya Hari Raya Keagamaan,” elasnya kepada TeropongMalut.com, saat ditemui, Jumat (7/5).

Surkiman mengatakan, kebijakan itu ditujukan agar meningkatkan keberlangsungan kesejahteraan bagi para pekerja/buruh.

Sulaiman, menerangkan dalam Peraturan Mentri Ketenagakerjaan (PERMENAKER) No. 6 tahun 2016 tentang THR keagamaan bagi setiap pekerja/buruh dalam pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh perusahaan/pengusaha terhadap buruh/pekerja menjelang hari raya keagamaan.

Namun nyatanya di lapangan, dari hasil investigasi SPN Kota Ternate melalui HRD PT. Berlian Sinar Terang, tidak ada pemberian THR  kepada 40 pekerja/buruh dengan alasan mereka bukan karyawan tetap (Freelance) yang statusnya kurang lebih 6 bulan – 1 tahun.

“Bagi kami kebijakan HRD PT. Berlian Sinar Terang sangat keliru dan cacat prosedural. Karena menyamakan Freelance dengan PKWT, Freelance yang merupakan pekerja sambilan atau pekerja lepas, dengan kata lain seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu dan itu di atur  PKWT yang tertuang dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 56,” ungkapnya.

Ia menegaskan, dengan adanya temuan tersebut SPN Kota Ternate  meminta kepada Dinas Ketenagakerjaan Kota Ternate agar segera menyoroti hal itu dan menegur keras HRD PT. Berlian Sinar Terang agar mengikuti Surat Edaran Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. (Kj/red).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *