Rasa Syukur Hilang, Praktik Ilegal Untuk Keuntungan Ekonomi,

Penulis : Odhe 

Editor : Redaksi 

HALTENG, Teropongmalut.com – Aksi Ilegal logging adalah kegiatan yang merugikan negara dan merupakan bentuk ancaman faktual karena tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Hal ini disampaikan Wakil Ketua LSM Kane Malut M Sahrul Sabtu, tanggal 02 Desember 2023.

Menurutnya tindakan penebangan, dan pengangkutan produk kayu untuk keuntungan ekonomi yang dilakukan secara ilegal karena hilangnya rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus ketidakpatuhan terhadap regulasi lingkungan sehingga menyebabkan dampak ekologis dan sosial yang serius.

Ilegal logging merupakan tindakan yang melibatkan eksploitasi sumber daya hutan tanpa izin adalah praktik pelanggaran hukum untuk mengakses dan mengeksploitasi hutan atau kawasan lindung. Aksi para pelaku ini sebagai bentuk tindakan illegal logging diantaranya sudah melakukan penebangan pohon kayu tanpa izin, lalu mengolahnya dan menjualnya kepada pengusaha yang tak berizin pula,” terangnya.

Dari serangkaian ini dapat dipahami bahwa ilegal logging adalah tindakan yang berdampak negatif yang bisa timbul akibat dari aktivitas ini. Pokoknya UU Nomor 42 tahun 1999 tentang kehutanan dan UU Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan (UU P3H) dimana rincian sanksi jika terbukti melakukan Ilegal logging yang dimulai dari ancaman penjara hingga denda yang mencapai milyaran rupiah,” tandasnya.

Tak hanya itu, pembalakan liar pun salah satu perbuatan yang dilarang dalam pasal 17 ayat (1) huruf b UU P3H, karena setiap orang dilarang melakukan kegiatan penambangan di kawasan hutan tanpa izin menteri. Meskipun demikian kenyataannya praktik ini tetap berlangsung karena diduga didorong warga masyarakat dan Instani yang miskin sehingga praktik ilegal logging, pengolahan dan sampai pada peredaran kayu secara ilegal,” pungkasnya.

Terkait aksi merugikan negara ini, Kapolres Halteng, AKBP Faidil Zikri dikonfirmasi media Sabtu tanggal 02 Desember 2023 siang tadi atas tindakan yang merugikan negara ini, mengucapkan terima kasih infonya dan akan saya sampaikan ke Kasat Reskrim agar lakukan penyelidikan,” jelasnya singkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *