Safety PT IWIP Diduga Rendah, Akibatkan Kecelakaan Kerja

  • Share

Halteng-Teropongmalut.com, Direktur Lembaga Swadaya Masyaraka Gele- Gele Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara, bersama lembaga Investigasi K3 mengeecam keras PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) atas kecelakaan kerja yang menimpa 6 orang karyawannya pada Selasa (15/06).

“Kecelakaan Kerja sebenarnya bisa dimimalisir jika perusahaan benar-benar menerapkan manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada karyawan. Kuat dugaan management K3 tidak berjalan dengan baik, akibatnya kecelakaan kerja yang fatal menimpa karyawan,” demikian dijelaskan Dirut LSM Gele- Gele Husen Ismail kepada wartawan di Weda Rabu (17/06).

Ledakan pabrik smelter di PT. IWIP menimbulkan keprihatinan yang serius. Manager HRD dan menejer Sefty harus bertanggung jawab penuh atas musibah kecelakaan kerja di PT IWIP.

“Ini adalah kalalain K3 sehinga para pekerja merasa tidak nyaman dalam pekerjaan,” ungkap Husen.

LSM gele gele lanjut Husen tegas kepada menejemen iwip soal K3 sangatlah penting. Namun secara teknik Kelalaian dan ketidakpedulian akan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) menimbulkan rantai kecelakaan,” katanya.

Masih segar di benak kita, lanjut Husen, meninggalnya salah satu Jubir akibat tertabrak oleh truck. “ni adalah peringatan keras bagi PT. Iwip apabila mengindahkan pentingnya K3 yang terus berulang diingatkan oleh LIK3 dan LSM Gele gele,” jelasnya. (Ances/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *