Sambut HUT Kemerdekaan RI Tahun 2023, Pakaian Lomba Gerak Jalan Dibayar Ratusan Ribu

Penulis : Odhe
Editor : Redaksi

HALTENG, Teropongmalut.com – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 78 tahun 2023 di Sekolah Dasar Negeri 1 Halteng desa Kluting Jaya Kecamatan Weda Selatan Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara di sesalkan orang tua siswa karena pakaian lomba gerak jalan dipungut biaya sebesar Rp 200.000 oleh pihak sekolah.

“Mestinya pihak sekolah menggelar rapat kesepakatan dengan orang tua siswa lebih dulu, jika disepakati baru bisa, kalau tanpa kesepakatan orang tua siswa bisa disebut pungutan liar (pungli), karena ini soal biaya pembayaran pakaian lomba gerak jalan dan lainnya,” beber salah satu orang tua siswa kepada media ini.

Orang tua siswa yang enggan disebutkan namanya mengaku lantaran kami berkekurangan sehingga anak kami berulah dan menangis karena pengen sekali mengikuti lomba gerak jalan itu. Tapi masalahnya, kami berkekurangan saat ini,” katanya kesal.

Kami pikir hal itu sudah diatasi dengan pendanaan Biaya Operasional Sekolah (BOS), padahal lagi-lagi pembiayaan pakaian lomba dibebankan kepada orang tua siswa. Ini sekolah yang dibiayai pemerintah atau toko pakaian swasta,” kesal warga ini.

Sementara warga lainnya membenarkan bahwa anak mereka juga menyampaikan hal yang sama dan berulah karena kami tak sanggup untuk membayar pakaian lomba gerak jalan senilai Rp 200.000 tersebut. Penarikan pungutan dengan kedok membayar pakaian lomba gerak jalan ini, kami pikir siswa sudah punya anggaran melalui dana BOS.

Mengapa dalam pembayaran pakaian lomba tak menggunakan dana BOS saja. Jangan-jangan pembayaran pakaian lomba ini kemudian menggantikan dana BOS yang digunakan dalam pembayaran pakaian. Aduh!!! Modus lagi ini,” ujar warga desa Kluting Jaya kepada media ini.

Terkait perihal ini Kepala Sekolah SDN 1 Kluting Jaya Ramli Tawari dihubungi berulangkali guna memperoleh klasifikasi soal pembayaran pakaian lomba gerak jalan tersebut. Namun, nomor kontak Kepsek berada diluar jangkauan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *