Seminggu Setelah Dibangun, Jalan Stapak Desa Laromabati Retak

Komisi III Deprov Minta Kades Menyurat untuk ditindaklanjuti

Kayoa-TeropongMalut.com, Jalan Setapak di Desa Laromabati Kecamatan Kayoa Utara yang dibangun sebagai jalan untuk menuju Tempat Pemakam Umum (pekuburan) di desa itu diduga berkualitas rendah sehingga baru satu Minggu dibangun jalan setapak itu sudah retak.

Padahal jalan setapak yang dibangun menggunakan APBD Provinsi Maluku Utara itu diduga merupakan aspirasi milik salah satu Wakil Rakyat Provinsi Malut Daerah Pemilihan IV Kabupaten Halmahera Selatan.

Sebagaimana pantauan media ini pada Minggu 13 November 2022 terlihat retaknya jalan setapak yang baru dibangun itu hanya diolesi semen saja.

Melihat kondisi demikian Pengacara Amir Bako SH, kepada awak media ini di desa Laromabati menjelaskan jalan setapak yang kerjakan Dinas PUPR Provinsi Malut mengalami retak diduga karena kontraktor tidak menggunakan timbunan dasar mengunakan batu, hanya menimbun dengan pasir akibatnya jalan retak dan pecah.

Sementara itu aktivis perempuan FKIP Unkhair, Wamila B Hi Lajulumani, juga angkat bicara. Wamila mengaku heran jalan setapak yang baru dibangun itu sudah retak. Padahal jalan tersebut selesai dibangun kurang lebih seminggu ini.

“Jalan setapak dikerjakan tidak sesuai dengan harapan masyarakat, olehnya itu kami mendesak DPRD Provinsi dapil Halsel yang mengsulkan Pokir Jalan stapak Desa Laromabati menuju TPU, untuk meninjau langsung lokasi karena sangat berdapak buruk terhadap pelayanan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku Utara Julkifli Hi Umar saat di konfirmasi oleh awak media TeropongMalut.com menjelaskan pembanguan jalan setapak masih dalam masa pemeliharaan jadi butuh kontol masyarakat.

Julkifli, meminta Kades laromabati agar menyurat ke komisi III DPRD Provinsi serta lampirkan foto agar pihaknya tindak lanjuti.

“Kerusakan jalan stapak itu mungkin kualitasnya kurang bagus, kami akan komunikasi dengan kontraktor untuk memperbaiki,” janjinya. (Tamsil/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *