Terancam Gagal, Proyek Pengembangan Bandar Udara Sultan Babullah Kota Ternate Akan Berakhir

Penulis : Junaedi

Editor : Redaktur

Maluku Utara. Ternate. Teropongmalut.com
— Nama Sultan Babullah Datuk Syah merupakan Pahlawan Nasional, yang kini namanya diabadikan di Bandar Udara Kota Ternate, diketahui pembangunan bandar udara ini dimulai pada era 70-an, hingga pada tahun 1999, bandar udara ini resmi di beri nama dari Sultan Ternate ke-6 menjadi Bandar Udara Sultan Babullah oleh pemerintah Indonesia. Sejak itu, bandar udara ini terus mengalami peningkatan dan pengembangan, baik dari segi fasilitas maupun kapasitas penumpang.

Namun sayangnya sekarang ini proyek pengembangan Bandar Udara Sultan Babullah di Kota Ternate, Maluku Utara, kini terancam gagal karna diduga banyaknya masalah. Proyek yang telah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat ini diprediksi tidak akan selesai tepat waktu pada 14 Desember 2023. Minggu (10/12/23).

Foto : Papan proyek di tempatkan pada posisi tidak terlihat oleh masyarakat umum, terkesan disembunyikan.

Proyek dengan dana fantastis yakni Rp. 41.295.460.000,- (Empat Puluh Satu Milyar Dua Ratus Sembilan Puluh Lima Juta Empat Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah) dengan waktu pelaksanaan 270 (dua ratus tujuh puluh) hari, mulai kerja sejak 20 Maret 2023 ini, diduga adanya permainan kongkalikong dalam pekerjaan proyek.

Sayangnya, mega proyek pengembangan bandar udara Sultan Babullah besutan Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Unit Penyelenggara Bandar Udara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara. Bandar udara ini tidak berjalan’ sesuai perencanaan dan tepat waktu karna banyak sekali kendala maupun masalah, dimana bandara ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan fasilitas bandara serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Mendapat perhatian dari seorang penumpang pesawat udara sebut saja AA masyarakat Kota Ternate, ia berharap dapat merasakan manfaat dari pengembangan bandara ini. “Tentu saya merasa kecewa dengan keterlambatan dan berharap pemerintah maupun pihak terkait dapat segera menyelesaikan proyek ini,  bandara Babullah ini ada gerbang dan muka Kota Ternate”. ucapnya.

Saat ini, Bandar Udara Sultan Babullah telah menjadi salah satu bandar udara terpenting di wilayah Maluku Utara. Bandar udara ini melayani penerbangan domestik ke berbagai kota di Indonesia, serta beberapa penerbangan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *