Tinggal di Gubuk, Dua Anak Yatim Piatu di Kasturian Dapat Bantuan dari ASN Polda Malut

  • Share

Ternate-TeropongMalut.com, Alqadri D. Mahadin,  alias Koko dan Diva D Mahadin alias Diva merupakan kakak beradik yatim piatu tinggal di sebuah gubuk yang terbuat dari seng bekas, tripleks, dan berlantai tanah di Kelurahan Kasturian dekat pantai pada Kecamatan Kota Ternate Utara. Pada Selasa 16 November 2021 mendapat bantuan berupa bahan bangunan dari ASN Polda Malut.

Alqadri biasa dipanggil Koko meski yatim piatu. Namun ia tetap bersekolah dan saat ini sudah SMA Kelas 3 pada salah satu SMA Negeri di Kota Ternate. Begitu juga dengan adiknya Diva, juga tetap bersekolah dan saat ini sudah kelas 3 SMP pada salah satu SMP Negeri di Kota Ternate.

Kakak beradik itu tinggal di gubuk yang berdinding seng bekas dan di dalamnya menggunakan tripleks dengan antai tanah beralaskan farlak itu sebenarnya tidak layak huni. Namun karena kondisi mereka yang tidak punya lagi orang tua membuat mereka tidak punya pilihan lain selain menempati gubuk itu untuk berteduh dari hujan dan panas.

Mereka berdua tinggal di gubuk itu sejak ayah mereka meninggalkan dunia sejak tahun 2016 silam. Sejak saat itu mereka berdua bersama ibunya tinggal dan hidup di situ. Kondisi Koko dan Diva, semakin sulit setelah ibunda tercinta mereka meninggal dunia 3 bulan lalu.

“Pada tanggal 1 November 2021, kebetulan YAYASAN DAGYMOI SAHABAT SEHATI yang merupakan lembaga pemerhati sosial kemanusiaan, mendapat informasi tentang khidupan sosial anak yatim piatu itu, kami pun beserta tim segera mendatangi dan mengecek langsung kondsi kehidupan yang bersangkutan, baik asal usulnya maupun administrasi kekeluargaannya,” kata Ketua Yayasan Dagimoi Sahabat Sehati.

“setelah dilkukan verifikasi maka Yayasan pun memutuskan bakal mewujudkan impian dari kedua anak yatim piatu tersebut untuk hidup layak dalam menjalani khidupan sehari-hari,” katanya lagi.

Perlu diketahui bahwa pembangunan rumah layak huni bagi mereka yang membutuhkan merupakan program rutin yayasan itu yang dinamakan Program BEDAH RUMAH.

Selain Yayasan Dagimoi Sahabat Sehati yang bakal membantu membangunkan rumah untuk dua anak yatim-piatu itu, Korpri Polda Malut yang mengetahui kondisi dua anak yatim-piatu itu langsung memutuskan menyalurkan bahan bangunan berupa material besi, keramik dan seng untuk digunakan dalam membangun rumah dua anak yatim-piatu di Kelurahan Kasturian itu.

Foto: ASN Polda Malut salurkan bantuan ke rumah dua anak yatim-piatu di Kelurahan Kasturian Kecamatan Kota Ternate Utara, Kota Ternate Provinsi Maluku Utara Selasa 16 November 2021. (Istimewa)

“Kami merasa terpanggil dengan kehidupan mereka (Koko dan Diva) sehingga kami juga ingin berpartisipasi bersama Yayasan dalam program tersebut. Kami akan membantu menyediakan item-item berupa bahan bangunan untuk mendukung proses Bedah Rumah yang dilaksanakan oleh Yayasan Dagimoi Sahabat Sehati,” kata Kasubagbin PNS RO SDM Polda Malut Ismi Rahim dalam sambutannya saat penyerahan bantuan bahan bangunan di rumah Koko dan Diva.

Selain itu Ismi berharap sekiranya melalui kolaborasi antara Korpri Polda Malut dengan Yayasan Dagimoi Sahabat Sehati ini menjadi sebuah kegiatan sosial kemanusiaan dalam rangka HUT Korpri memiliki dampak bagi anggota ASN POLRI agar selalu membuka mata hati terhadap khidupan sosial di sekitar kita dan mampu menjdi teladan yang bersahaja sebagai aparatur sipil negara.

Foto: Ketua Korpri Polda Malut Sofyan Bin Taher, saat di wawancarai wartawan Teropong Malut.com di sela-sela penyerahan bantuan bahan bangunan. (TeropongMalut.com/Dar)

Sementara itu Ketua Korpri Polda Malut Sofyan Bin Taher, kepada wartawan menjelaskan awalnya Korpri Polda Malut mendapatkan informasi dari anggota Yayasan Dagimoi Sahabat Sehati soal kondisi Koko dan Diva.

Atas informasi itu pihaknya memutuskan untuk berkolaborasi dengan Yayasan Dagimoi Sahabat Sehati untuk turut ambil bagian dalam kegiatan amal dalam bentuk membantu memberikan bahan bangunan kepada Koko dan Diva untuk membangun rumah mereka.

“terus terang kegiatan hari ini merupakan kolaborasi antara Korpri Polda Malut dengan Yayasan Dagimoi Sahabat Sehati, bagaimana agar kita lebih dekat dengan masyarakat, Peduli Terhadap kondisi sosial masyarakat yang ada di Kota Ternate. Sebab tidak semua kehidupan di Kota Ternate sudah layak semuanya,”jelasnya.(Tamsil/dar/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *