Tingkatkan Mutu Pendidikan, Begini Harapan Pj Bupati Pada Rakor Virtual 

Reporter : Odhe 

Editor : Redaksi

HALTENG, Teropongmalut.com – Upaya peningkatan mutu pendidikan dan membangun konektifitas guru dan Pemerintah Daerah, Pj. Bupati Halteng, Ikram M Sangadji di dampingi Pj. Sekda Halteng, Abddurahim Yau melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh Kepala Sekolah mulai dari TK, SD dan SMP Se Kabupaten Halmahera Tengah Selasa, tanggal 20 Februari 2024.

Acara Rakor yang dilaksanakan secara virtual tersebut di hadiri Staf Ahli Ahmad Hi Bayan, Kadis Pendidikan Hi. Ridwan Saliden, Sekretaris Dinas Pendidikan, Ketua PGRI Halmahera Tengah dan beberapa Staf Dinas Pendidikan. 

Dalam arahannya, Pj Bupati Ikram M Sangadji menyampaikan terima kasih banyak atas partisipasi seluruh kepala sekolah yang mengikuti acara Rakor hari ini.” Tujuan dari Rakor ini saya ingin menyampaikan beberapa hal terkait dari kinerja guru, kesejahteraan guru, infrastruktur sekolah dan pengembangan potensi SDM guru.

Untuk kesejahteraan guru Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) terhitung bulan Januari tahun 2024 dan dibayarkan pada bulan Februari serta tunjungan Daerah Terpencil (Dacil).” Semua guru dapat TPP dari daerah, untuk guru yang sudah sertifikasi juga mendapatkan TPP dari daerah,” jelasnya.

Pada program infrastruktur Pj. Bupati ikram M Sangadji menyampaikan kepada kepala sekolah untuk dapat mencatat Rencana Anggaran belanja (RAB) renovasi sekolah dan fasilitas pendidikan lainnya dengan menyiapkan data disertai dengan dokumentasi foto ataupun video sebagai dasar adanya perbaikan sekolah, jangan dengan lisan saja tetapi harus ada bukti supaya dapat di laksanakan pembangunan sekolah,” lanjutnya.

Pada pengembangan kualitas sumber daya manusia yaitu guru, Bupati mengatakan akan dilaksanakan asesmen sebagai rujukan reposisi, dengan asesmen bisa mengetahui sampai dimana manajemen pengelolaan sekolah sebagai kepala sekolah.” Iya dengan assesment ini dapat diketahui kualitas kepala sekolah yang diukur melalui asesment, saya ingin membawa Halmahera Tengah pada dunia pendidikan yang lebih maju agar dapat di ketahui oleh daerah lain, menciptakan kualitas guru yang baik hingga melahirkan generasi emas untuk Halmahera Tengah,” ucapnya.

Menurutnya, generasi emas sudah mulai terlihat seperti contoh murid yang juara hitungan cepat pada lomba metode gasing di luar daerah,” imbuhnya.

Disela-sela virtual Bupati mengarahkan kepada kepala sekolah SMP untuk membantu petugas kesehatan dalam memberikan Vitamin E kepada siswa, dan menyampaikan kepada masyarakat arti dengan posyandu lansia, menanyakan sampai dimana penerimaan seragam sekolah gratis, menyampaikan program prioritas kesejahteran masyarakat dari insentif ibu hamil dan menyusui, Insentif Lansia, rumah layak huni dan insentif lainnya yang telah di nikmati oleh masyarakat. 

Akhirnya dengan Rakor ini saya dapat mengetahui segala kendala di sekolah, misalnya adanya pengelolaan anggaran Bosda melalui program Indonesia Pintar (PIP) yang biasanya secara kolektif pembayaran tunai di ubah harus langsung ke rekening siswa atau orang tua murid, pembangunan MCK yang harus di sertai dengan air yang bersih, Saspras yang belum mendukung. 

Ikram berharap kepada kepala sekolah dan guru setelah mendapatkan TTP agar bekerja lebih semangat untuk generasi emas fagogoru, fokus pada seorang pendidik bukan ikut-ikutan politik.” Kalau guru berpolitik anak didik akan jadi korban waktu belajar sudah berkurang dan akhirnya juga guru akan kena dampaknya,” tutupnya.

IMG-20240406-WA0003
IMG-20240406-WA0008
IMG-20240406-WA0005
IMG-20240408-WA0072(1)
IMG-20240409-WA0018
previous arrow
next arrow
IMG-20240406-WA0052
IMG-20240407-WA0028
IMG-20240406-WA0045
previous arrow
next arrow
SAVE_20240410_210756
SAVE_20240410_210756
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *