Transformasi Layanan Umat, Begini Harapan Kemenag di Usia ke 76

  • Share

Reporter : Odhe
Editor : Redaksi

Halteng, TM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Halmahera Tengah melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 Kementerian Agama Republik Indonesia di Halaman Kantor Kemenag Halteng Senin, (03/01/2022), dan bertindak sebagai Inspektur upacara yakni Kepala Kantor Kemenag Halteng H.M.Qubais Baba dan Abdul Kader Raharusun Sebagai Pemimpin Upacara.

Upacara yang berlangsung secara khidmat dan penuh dengan suka cita tersebut dihadiri oleh ASN Kantor Kemenag Halteng, KUA, Madrasah, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Halteng, Penyuluh Non PNS serta para Siswa Madrasah di Kabupaten Halmahera Tengah.

Dalam membacakan Pidato Menteri Agama, Kakan Kemenag menyampaikan Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021”, terang Kakan Kemenag.

Lebih lanjut, Kakankemenag menyampaikan dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya. Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahunb2020.

“Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016”, ujarnya.

Adapun tagline Peringatan Hari Amal Bhakti ke 76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Di usia yang ke 76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik,” tuntasnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *