Turis Mancanegara Harap ada Gajebo dan Rumah Makan di Lokasi Wisata Batu Angus Kulaba

Ternate-TeropongMalut.com, Dua pasangan turis mancanegara yang berwisata ke Geopark Batu Angus di Kelurahan Kulaba, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate Provinsi Malut.
Pada Kamis 17/1/2023 tampak sangat menikmati obyek wisata itu.

Pantauan jurnalis Teropong Malut.com, pada pukul 13:00 Wit, dua pasangan turis yang berasal dari Negara Prancis dan Italia terlihat gembira saat melihat indahnya panorama alam di batu angus.

Mr Ilyo melaui Juru bicara Oji Kamarula kepada awak media Teropong Malut.com menjelaskan kedua pasangan turis ini sudah empat hari berada di Kota Ternate.

Mr Ilyo, menjelaskan bahwa pihaknya baru pertama kali datang di Kota Ternate, Batu angus sangat sejuk dan indah, Mr Ilyo pun sontak memberikan masukan ke Pemkot Ternate.

“Di dalam area Wisata Batu Angus mestinya dibangun gajebo yang berbasis kearifan lokal atau rumah makan. Sehingga memudahkan pengunjung baik turis lokal, maupun turis asing pada saat jam makan sambil menikmati panorama batu angus,” usulnya.

“Di area batu angus mestinya dibangun musium (Lafa) gunung berapi, sehinga ini menjadi promosi parawisata dan tempat-tempat parawisata mestinya di tulis dengan bahasa Ingris supaya mudah dipahami, kami agak bingun masuk area wisata yang bertulisan bahasa indonesia dan bahasa daerah,” katanya lagi.

“Kami sangat kagum dengan Rempah-rempah Ternate salah satunnya cengkeh, pala dan kayu manis,” akunya.

Mereka juga menyinggung soal sampah palantik di areal umum mapun di lokasi wisata, masyarakat masih minim kesadaran.

“Di Ternate masyarakatnya memiliki ciri khas unik yang tidak di miliki Orang Eropa, kami di Ternate ketemu masyarakat sangat bersahabat dan itu membuat kami pergi ingin kembali,” kata Oji Kamarullah.

Dua pasangan turis itu pun memberikan masukan ke Dikbud Kota Ternate, untuk melakukan edukasi manfaat sampah palstik dan dampaknya melalui jalur pendidikan formal sejak dini seperti SD. (Tamsil/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *