Upaya Pj. Bupati, RSUD Weda Peroleh Tiket Akreditasi Kelulusan Utama Dari LAFKI

Reporter : Odhe 

Editor : Redaksi 

JAKARTA, Teropongmalut.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Weda Kamis, tanggal 7 Desember 2023 dinyatakan Lulus Akreditasi dan memperoleh Sertifikat dari Lembaga Akreditasi Kesehatan Indonesia (LAFKI) dengan kelulusan Utama. Kelulusan Akreditasi tersebut tak terlepas dari upaya Pj. Bupati Halteng dengan Direktur RSUD Weda.

Sertifikat Akreditasi itu diserahkan oleh Ketua LAFKI dr. Friedrich Max Rumintjap, S.cOG (K), MARS, FIHFAA, kepada Penjabat (Pj) Bupati Halteng Ir. Ikram Malan Sangadji M.Si yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Yanto M. Asri dan Direktur RSUD Weda dr. Selvia D. Denggo.

Pj. Bupati Halteng Ir. Ikram Malan Sangadji M.Si mengingatkan, pentingnya standar akreditasi dalam pelayanan kesehatan untuk meningkatakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, sertifikasi tenaga kesehatan (nakes) juga tidak kalah penting karena fasilitas kesehatan harus dioperasikan oleh nakes yang profesional.

“Akreditasi utama terhadap fasilitas kesehatan merupakan syarat urgen dalam rangka memastikan fasilitas yang tersedia dan menjamin kepastian pelayanan medis yang optimal bagi pasien. Namun demikian, sertifikasi nakes juga tidak kalah penting karena fasilitas kesehatan harus dioperasikan oleh nakes. Ini penting agar profesionalisme pelayanan medis menjadi seimbang antara fasilitas yang tersedia dan nakes yang profesional menggunakan fasilitas tersebut,” jelasnya. 

Pj. Bupati Halteng yang karib dengan akronim IMS itu juga mengatakan, selain status RSUD Weda menjadi tipe D, akan diikuti dengan sertifikasi nakes terutama yang memiliki tugas dan fungsi pelayanan khusus.

“Saya akan mengkombine yang seimbang dan saling mendukung antara fasilitas yang optimal dan kompetensi nakes yang berkualitas dan profesional, serta ketersediaan obat dalam suatu sistem manajemen rumah sakit yang handal dan berkualitas,” pungkasnya.

Usai acara penyerahan sertifikat tersebut, dr Selvia D. Denggo menyampaikan rasa syukur dan mengakui bahwa hal ini tidak terlepas dari kerja keras dan upaya semua petugas RSUD Weda yang penuh dengan ketulusan.

“Alhamdulillah berkat Rahmat dan Ridho Allah atas usaha dan kerja keras semua petugas RSUD dari manejemen sampai sekuriti dgn penuh ketulusan, RSUD Weda lulus akreditasi dgn kelulusan UTAMA,” akunya.

Selvia juga bilang bahwa capaian ini merupakan suatu penghargaan dan anugerah yang tinggi walaupun dengan keterbatasan, namun dengan penuh semangat dan kekompakan, RSUD Weda memperoleh lisensi dan pengakuan dari LAPI LAFKI dengan Kelulusan Utama.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi merupakan momentum untuk menjadikan RSUD Weda kembali berdaya saing dengan kompetitor yang ada di Provinsi Maluku Utara.

“Pencapaian kelulusan ini adalah sungguh luar biasa, karena dalam kondisi dan keterbatasan yang ada, namun dengan penuh semangat dan kekompakan dalam mempersiapkan segala hal yang menjadi tuntutan akreditasi, akhirnya RSUD Weda memperoleh lisensi dan pengakuan dari LAPI LAFKI dengan Kelulusan Utama.

“Kami Pimpinan Rumah Sakit dan seluruh staf bertekad menjalankan amanah Pak Bupati untuk menjadikan RSUD Weda agar dicintai masyarakat, dan tujuan mulia menjadikan RSUD Weda dicintai masyarakat tidak terlepas dari kualitas layanan dan sarana prasarana yang diberikan,” imbuhnya.

Harapannya lanjut Selvia, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan serta support kelengkapan alat kesehatan dan sarana Parasarana yang menjadi prioritas, terus dilakukan sehingga tujuan mulia kita bisa tercapai.

“Tahun 2024 terus berbenah, bersinergi untuk peningkatan mutu dan keselamatan pasien,” tukas Selvia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *