Slider
54 views

Wagub Malut Hadiri Sosialisasi Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2021

Ternate-Teropongmalut.com, Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. Al Yasin Ali. ST, MMT. menghadiri acara sosialisasi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Rancangan Undang-Undang (RUU) Prioritas Tahun 2021 diselenggarakan oleh DPR-RI di Provinsi Maluku Utara, bertempat di Gedung Aula Nuku Universitas khairun Ternate, (3/5/2021).

Sosialisasi turut dihadiri, Wakil Ketua Banleg DPR RI H.Achmad Baidowi S.Sos, MS.i, Para anggota Banleg DPR RI, Unsur forum Komunikasi Pimpinan Daerah Maluku Utara, Rektor Universitas Khairun Ternate Prof, Husen Alting, Bapemperda DPRD Maluku Utara, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Maluku Utara, Jougugu Kesultanan Ternate, Tokoh Agama, serta tamu undangan lainya.

Wagub Dalam sambutanya mengatakan sesuai dengan agenda masa persidangan IV DPR RI tahun sidang 2021, ada 33 rancangan undang-undang yang ditetapkan oleh badan legislasi DPR RI. Ini menunjukan bahwa kinerja DPR RI terkait penegakan hukum di Indonesia terus di benahi.

Sebagai wakil Pemerintah di Daerah, Wagub menginginkan setiap rancangan Undang-undang dapat memuat seluruh aspirasi kepentingan masyarakat sehingga stabilitas negara diharapkan dapat terus berjalan. Oleh karena itu, DPR sebagai wakil rakyat di pusat tentunya sangat diharapkan dapat membangun komunikasi dengan konstituennya di masing-masing derah agar supaya persoalan hukum yang terjadi di daerah dapat ditindaklanjuti oleh wakil rakyat.

Foto: Suasana Sosialisasi

Melalui sosialisasi hari ini, dengan harapan agar para peserta sosialisasi dapat menyimak dan mencermati dengan baik dari setiap penjelasan. tentunya tidak hanya menyimak namun sebisa mungkin dapat memberikan saran atau pendapat serta masukan yang berbobot sehingga menjadi bagian dari rekomendasi rakyat kepada wakil rakyat saat pembahasan lanjutan rancangan undang-undang menjadi undang-undang,”harap Wagub.

Wagub juga menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Maluku Utara, “Saya menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Ketua Tim Banleg DPR RI dan dan rombongan atas kunjungan kerja ini, serta menyampaikan terima kasih kepada Rektor Universitas Khairun Ternate atas kerja sama dalam menyukseskan kegiatan sosialisasi ini” ucap Wagub.

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI. H, Achmad Baidowi, M,Si mengatakan bahwa pada masa sidang ke IV tahun 2020-2021 Banleg DPR RI telah membentuk tiga tim sosialisasi yang turun ke tiga derah masing-masing yakni Provinsi Nangroh Aceh, Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kunjungan kerja ini dalam rangka mensosialisasikan program Legislasi Nasional (PROLEGNAS) RUU Prioritas 2021, agar masyarakat mengetahui rencana pembentukan hukum yang nantinya akan mengatur peri kehidupan masyarakat.

Foto: Penyerahan Cendra mata

“Dalam proses pembentukan hukum ini, masyarakat dapat memberi masukan-masukan. Ini agar setiap RUU yang ditetapkan menjadi Undang-Undang (UU) senantiasa mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” ungkapnya.

Berdasarkan ketentuan pasal 20 ayat 1 UUD 1945, DPR RI merupakan pemegang kekuasaan dalam membentuk undang-umdang, didalam pembentukan undang-undang salah satu tahapan yang harus dilakukan adalah menyusun perencanaan, kemudian berdasarkan UU No 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan wujud konkrit dari tahap rancangan berbentuk program legislasi nasional atau prolegnas.

Ahcmad juga katakan bahwa Prolegnas tersebut ada yang berbentuk prolegnas jangka menengah (5 tahun) ada juga prolegnas prioritas tahunan yang ditetapkan setiap tahun dan disusun berdasarkan prolegnas jangka menengah, nantinya akan ada beberapa prioritas-prioritas yang berkaitan dengan Provinsi Maluku Utara dan juga Universitas Khairun Ternate, yang sementara ini menginsiasi RUU Pendidikan Kedokteran karena di Universitas kahirun ada Fakultas Kedokteran sehinga sangatlah relevan.

Prolegnas disusun oleh DPR RI bersama DPD RI dan Pemerintah RI yakni Kementrian Hukum dan Ham, penyusunan Prolegnas dikoordinasikan oleh badan legislasi DPR, ketentuan tersebut yang diatur dalam undang-undang 17 tahun 2014 tentang MD3 berikut perubahannya. Berdasarkan kewenangan tersebut banleg DPR RI telah menyusun RUU prioritas tahun 2021 yang mana prolegnas tersebut sudah disahkan dalam rapat paripurna DPR sebagaimana terlampir dalam keputusan DPR RI No 1/DPR RI/IV/2021. Tentang program legislasi Nasional RUU prioritas 2021 dan perubahan program legislasi Nasional tahun 2020-2024 tertanggal 23 Maret 2021,”tutupnya (Hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *