Bahaya, Hewan Ternak Kambing di Babang Berkeliaran di Jalan Raya

Penulis : Odhe
Editor : Redaksi

HALSEL, Teropongmalit.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan (Pemkab Halsel) diminta untuk menertibkan hewan ternak kambing milik masyarakat Babang sebelum mengancam keselamatan para pengguna jalan terutama pengendara roda dua alias sepeda motor.

Pasalnya, salah satu pengguna jalan menggunakan sepeda motor jenis matic Ahad, tanggal 11 Juni 2023 pukul 17.32 WIT hampir menabrak sekelompok hewan ternak kambing milik warga yang menyebrang jalan raya di area SPBU Babang.

Pada kesempatan itu juga warga tersebut langsung mengomel dengan geram karena hampir mengalami kecelakaan. Untuk itu, diminta kepada Pemkab Halsel melalui pimpinan OPD terkait untuk menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Penertiban hewan ternak. Jika tidak bisa mengancam keselamatan pengguna jalan raya terutama pengendara roda dua,” tegasnya.

Menurutnya, hewan ternak yang berkeliaran dijalan raya bisa mengancam keselamatan manusia. Kondisi ini tentunya bukan saja sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas, bahkan dapat membahayakan keselamatan pengendara. Seharusnya pemilik hewan ternak tidak di melepasliarkan hewan peliharaannya begitu saja.

Jika Pemkab Halsel sudah memiliki Perda Penertiban hewan ternak, maka mestinya sudah melakukan penangkapan terhadap hewan ternak yang dibiarkan berkeliaran oleh pemiliknya. Hal ini juga untuk menjaga keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan, setiap pemilik ternak mestinya dilarang membiarkan ternaknya berkeliaran di jalan raya dan tempat umum lainnya,” tuntasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *