Desakan Tegas untuk Pemprov Maluku Utara: Dukung Layanan Logistik Kapal Semarak Malut 01 dengan Keberanian Terobosan Perdana

TERNATE, Teropongmalu.com – Firman Mudaffar Sjah menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kabupaten/Kota harus memberikan apresiasi yang tegas terhadap layanan logistik kapal kargo Semarak Malut 01 yang telah memperlihatkan terobosan perdana dalam merampingkan biaya logistik melalui restrukturisasi sektor logistik, khususnya melalui Ekosistem Logistik Nasional (ELN).

ELN, sebagai platform digital layanan logistik terintegrasi dari hulu hingga hilir, menjadi sarana untuk memfasilitasi kolaborasi antara Kementerian/Lembaga, perusahaan terkait, dan pelaku logistik. Firman menekankan pentingnya dukungan Pemerintah untuk memastikan kelancaran arus barang domestik antar daerah di Provinsi Maluku Utara melalui platform ELN ini.

Dalam konteks penataan ELN, Firman menyoroti Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional dan program Strategi Nasional pencegahan Korupsi (Stranas PK). Firman menilai bahwa upaya perbaikan layanan logistik melalui ELN mencakup empat pilar utama, termasuk simplifikasi proses bisnis layanan pemerintah, kolaborasi platform logistik, kemudahan pembayaran, dan tata ruang kepelabuhan.

Firman juga mengapresiasi langkah Dirut PT. Semarak Perkasa Lestari di bawah kepemimpinan Raymond Tamstil, dan menekankan pentingnya dukungan pemerintah dalam meningkatkan Logistic Performance Index (LPI) dengan membangun ekosistem yang tepat. Firman menyatakan bahwa pembangunan ekosistem logistik yang komprehensif dan penggunaan platform logistik seperti ELN sangat bermanfaat dalam menyederhanakan layanan logistik di Provinsi Maluku Utara. (Odhe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *