“Kades Tiley Ajak Warga dan Petani Tingkatkan Produksi Padi Ladang dan Holtikultura

Pulau Morotai, Teropongmalut.com — Pemerintah Desa Tiley, Morotai Selatan Barat, Pulau Morotai, Maluku Utara, pada hari Senin, 8 April 2024, mengajak warganya, khususnya para petani, untuk meningkatkan penanaman padi ladang dan holtikultura seperti bawang, cabe, dan tomat. Langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi terhadap isu ketahanan pangan.

Kepala Desa Tiley, Sugiatno Wongsosumito, menegaskan bahwa jika petani di Tiley serius dan berdedikasi dalam penanaman, mereka pasti akan meraih sukses.

Pemerintah Desa Tiley berkomitmen untuk terus mendorong dan membantu petani, termasuk dalam hal anggaran.

Sugiatno menambahkan bahwa dalam tubuh Apedes juga telah dialokasikan anggaran khusus untuk ketahanan pangan.

Kepala Dinas Pertanian Pulau Morotai, yang dihubungi melalui panggilan telepon, menjelaskan bahwa sebagai pemimpin dinas pertanian, dia merasa bertanggung jawab untuk memastikan petani di Morotai maju dan sejahtera.

Dia mengajak petani yang ingin menanam untuk tidak ragu berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, terutama jika menghadapi kendala seperti pembibitan dan pupuk.

Dinas Pertanian Morotai telah memprioritaskan bantuan yang akan dibagikan kepada petani dan direalisasikan pada bulan Juli 2024.

Sebelum pemberian bantuan pembibitan holtikultura dan pupuk, Dinas Pertanian Morotai akan mengecek dan turun langsung ke lokasi untuk memastikan kesiapan lahan milik petani, baik perseorangan maupun kelompok.

Sementara itu, Kepala Desa Tiley Selatan Barat, Sugiatno Wongsosumito, sebagai contoh, juga turut serta dalam penanaman padi ladang. Menurutnya, panen padi ladang yang dia tanam menghasilkan hasil yang cukup lumayan. (Taufik Sibua/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *