Begini Harapan Pemda Halteng, Panen Padi Varietas Inpari 32 di Trans Waleh

Reporter : Odhe 

Editor : Redaksi 

HALTENG, Teropongmalut.com – Pemda Halteng Sabtu, tanggal 24 November 2023 kembali melaksanakan panen padi varietas 32 di desa persiapan Era Fagogoru (Transmigrasi Waleh) Kecamatan Weda Utara Kabupaten Halmahera Tengah seluas 11,50 Hektar.

Panen padi varietas 32 yang berlangsung berlokasi pada lahan kelompok tani Makmur Jaya. Turut hadir dalam acara panen bersama, Pj. Bupati, Dandim 1512/Weda, Wakapolres, Kepala Dinas Naketrans, Kasat Bimas, Kasat Intel, Camat Weda Utara, Kepala Desa se Kecamatan Weda Utara serta para kelompok tani mulai dari SP 1, SP 2 dan SP 3.

Panen padi varietas Inpari 32, bertajuk “Petani Sejahtera, Ketahanan Pangan Terjaga”.  Yoesmar Ohorella selaku Kepala Dinas Pertanian Pemkab Halteng, berharap kepada petani agar tetap mengelola lahan sawah untuk dan terus menanam padi sekaligus luas lahan yang lebih besar (ditambahkan) sehingga hasil produksi juga bertambah. 

Kesemuanya ini dalam rangka meningkatkan pendapatan petani sekaligus sebagai produksi pangan khususnya beras di Kabupaten Halmahera Tengah,” pintahnya.

Yoesmar juga mengaku Dinas Pertanian akan terus melakukan konsolidasi kepada petani, untuk selalu mengelola dan memanfaatkan lahan-lahan produktif agar ditanami tanaman pangan, palawija dan hirtikultura,” tandasnya.

Sementara Pj Bupati Ikram Malan Sangadji dalam sambutanya akan memprogramkan penambahan lahan seluas 400 hektar untuk penanaman padi. Dari luas tersebut kata Ikram, akan dibagi di tiga sentral produksi padi diantaranya Wairoro Indah, Transmigrasi Waleh dan Transmigrasi Kobe).

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Halteng memberikan kesempatan kepada Dandim 1512/Weda yang baru untuk memberikan arahan sekaligus memperkenalkan diri di hadapan masyarakat Transmigrasi Waleh.

Pelaksanaan panen padi itu dirangkaikan dengan penyerahan bantuan benih hortikultura dan palawija kepada delapan kelompok tani (SP I empat kelompok tani, SP II tiga kelompok, dan SP3 satu kelompok).

Panen padi ini juga dalam rangka menindaklanjuti lima program prioritas Pj. Bupati dua diantaranya adalah pemberantasan kemiskinan, ekonomi dan UMKM. Dinas Pertanian dapat menterjemahkan dalam bentuk konsolidasi terhadap petani agar petani terus beraktivitas mengelola lahan-lahan potensial untuk kegiatan penanaman tanaman pangan, hortikultura dan palawija.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *