DKP Usulkan Pembuatan Perda Perikanan ke Komisi II DPRD Sula

  • Share

SULA-TeropongMalut.com, Upaya meningkatkan proses pengelolaan sumber daya kelauta dan perikanan, DKP Kepulauan Sula usulkan pembuatan Perda tentang Pengelolaan Prikanan ke Komisi II DPRD Kepulauan Sula.

Hal ini di ungkapkan Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sula, Sahlan Norau, pada TeropongMalut.com, Rabu (28/07/2021).

“Iya kemarin kami dari pihak DKP Sula suda usulkan terkait pembuatan Perda tentang pengelolaan sumber daya di bidang kelautan dan perikanan,” ucap Sahlan.

Sahlan menuturkan bahwa, usulan itu di lontarkan oleh pihaknya dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi II DPRD Sula kemarin.

“Karna sesuai regulasi yang di keluarkan oleh KKP yang hanya memberikan kewenangan penuh pada DKP Provinsi, membuat kami dari daerah kewalahan menangani masalah- masalah yang ada di perikanan,” bebernya.

Kenapa tidak, lanjut Sahlan, dalam proses pembuatan ijin saja harus di keluarkan oleh Provinsi dan kami hanya berwenang mengeluarkan rekomendasi saja.

Hal inilah yang mengharuskan kita untuk usulkan pembuatan Perda, agar daerah juga memiliki kewenangan sehingga dalam proses pengelolaannya daerah juga memiliki bagian dan potensi dari hasil tangkapan para Nelayanpun masuk juga ke daerah.

“Masa hasilnya di ambil dari daerah kami kemudian potensinya tidak masuk ke kami, inikan sangat di sayangkan juga,” ucapnya.

Maka dari itu, lanjut Kadis DKP berharap agar usulan ke DPRD itu dapat di perhatikan. Agar DPRD Sula berkoordinasi juga ke DPR-RI untuk dapat di bahas dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). (Fai/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *