Kisruh PSU di TPS 08: Djasman Abubakar Gagal Jadi Wakil Rakyat, Ghifari dan A. Rahmat Melaju

TERNATE, Teropongmalut.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate telah sukses melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 08, Kelurahan Tabona, Kecamatan Ternate Selatan, sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). PSU yang berlangsung pada Sabtu, 22 Juni 2024, diawasi ketat oleh aparat keamanan dan Bawaslu RI Biro Analisis Hukum, Gakumdu, serta Bawaslu Provinsi Maluku Utara.

Dari total 285 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 08, sebanyak 248 orang menerima undangan atau form C, namun hanya 241 orang yang berpartisipasi dalam pemilihan. Hasil PSU 08 Kelurahan  Tabona menunjukkan bahwa Partai Nasdem berhasil meraih 210 suara dari total 241 suara yang masuk, sehingga berhasil menyumbang 2 kursi di DPRD Kota Ternate dari Dapil Ternate Selatan.

Namun, persaingan internal di Partai NasDem semakin memanas setelah hasil PSU di TPS 08 Kelurahan Tabona. Djasman Abubakar, yang sebelumnya melaju di kursi kalumata puncak, akhirnya harus menelan kegagalan setelah perolehan suaranya tidak mencukupi. Ade Rahmat Lamadehami berhasil meraih 136 suara, diikuti oleh Muhammad Ghifari Bopeng dengan 56 suara, sementara Djasman Abubakar hanya mendapatkan 17 suara.

Dengan total akumulatif suara sebanyak 1.327 suara, M Ghifari Bopeng berada di posisi tertinggi, diikuti oleh Ade Rahmat dengan 1.314 suara, dan Djasman dengan 1.304 suara. Akibatnya, Djasman Abubakar tereliminasi dari kursi Calon Legislatif (Caleg) 2024 dari Partai Nasdem, sementara Ghifar dan Ade melangkah maju dalam perjalanan menuju kursi wakil rakyat. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *