Tekan Angka Kasus Malaria, Kepsul Terima Prestasi Eliminasi Malaria Tahun 2021

  • Share

SULA-TeropongMalut.com, Berhasil tekan angka kasus malaria, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sula, kembali meraih prestasi sebagai salah satu Kabupaten yang lolos Eliminasi Malaria Tahun 2021.

Hal itu diungkapkan Plt. Kadis Kesehatan Kepsul, Suryati Abdullah, pada awak media, di ruang kerjanya Rabu (08/12/2021).

Kata Suryati, Prestasi tersebut, diraih berkat kerjasama antara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dan pihak Direktur RSUD Sanana.

“Alhamdulillah, sesuai hasil Komando Pembasmian Malaria (KOPEM Pusat), kemarin memutuskan Kabupaten Kepulauan Sula lolos eliminasi malaria tahun 2021,” ucapnya.

Suryati membeberkan bahwa, dari sekian Kabupaten di Maluku Utara (Malut), Kepulauan Sula berhasil lolos dalam penilaiaan Eliminasi Malaria tahun 2021 bersamaan dengan Kabupaten Pulau Morotai.

“Prestasi ini di raih atas dasar kerja keras dan kolaborasi antara Dinkes dan pihak RSUD Sanana,” ungkapnya.

Meski telah mendapatkan predikat penghargaan, kata Suryati, pihaknya akan terus berusaha agar kedepan Kepulauan Sula terbebas dari kasus malaria.

“Kalaupun ada lagi kasus malaria, itu berarti kasus import atau berasal dari luar, bukan di daerah kita,” ujarnya.

Ia mehimbaua masyarakat dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga, kebersihan lingkungan karena malaria itu penyebabnya dari lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya.

“Untuk menekan kasus tersebut, kesadaran terhadap kebersihan lingkungan sangat di perlukan, agar menuju Sula bebas dari malaria,* imbaunya. (Fai/red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *