Tingkatkan Pengetahuan Juga Kesadaran Warga Soal Dampak Sampah Plastik dan Ekosistem

Penulis : Odhe
Editor : Odhe

HALTENG, Teropongmalut.comDalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran warga masyarakat akan dampak sampah plastik bagi ekosistem pesisir dan Laut serta upaya pengurangan pemanfaatan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Dinas Perikanan Pemkab Halteng menggelar Sosialisasi dampak sampah bagi ekosistem pesisir dan Laut terhadap warga desa di lokasi TMMD Tahun Anggaran 2023.

Foto aksi bersih-bersih pantai

Sosialisasi tersebut dilanjutkan dengan action bersih Pantai. Di Kantor desa Yeisowo dan Baka Jaya Kecamatan Patani action mulai pada tanggal 25-26 Mei 2023. Sementara pada tanggal 26-27 Mei 2023 kegiatan dilaksanakan di kantor desa Blifititu Kecamatan Patani Utara.

Foto sosialisasi

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Pemkab Halteng, Mufti Murhum dan para staf juga pendamping, Koordinator TMMD, para Babinsa dan Bhabinkamtibmas, para guru dan siswa.  Sebanyak tiga desa kami bersihkan bersama masyarakat dan sejumlah pihak.

Kadis Perikanan Pemkab Halteng, Mufti Murhum mengatakan selama aksi pembersihan pantai yang dilaksanakan terkumpul sampah seberat 2,6 ton sampah plastik atau sebanyak 130 karung. Kadis menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan program kerjasama satgas TMMD dan Dinas Perikanan Pemkab Halteng,” katanya.

Terkait dengan aksi pembersihan pantai ini, Janawi Akebai salah satu warga setempat berharap bahwa dengan aksi pembersihan pantai ini diminta kepada masyarakat agar sadar soal sampah.

Kedepan masyarakat tak lagi membuang sampah sembarang apalagi di sungai dan Pantai. Pemerintah desa juga harus mengingatkan kepada masyarakat bila perlu di buat perdes agar ada sanksinya agar pantai dan laut lestari, ikan melimpah dan nelayan sejahtera,” harap Janawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *