Perkuat Silaturahmi, IKA SMANSA 90 Kota Ternate Gelar Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444H

Ternate-TeropongMalut.com, Ikatan Keluarga Alumni SMA 1 Tahun 1990 (IKA SMANSA 90) Kota Ternate menggelar perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dipusatkan di Masjid Assalam Kelurahan Jati Metro, Kecamatan Kota Ternate Selatan pada Jumat 28 Oktober 2022, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Untuk penceramah yang mengulas tentang Hikmah dibalik peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Panitia mengundang Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi Maluku Utara Dr, Kasman Hi Ahmad, M.Pd.

Kasman yang juga mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara itu mengupas tema Maulid Nabi Muhammad SAW “Menebar Empati, Perkuat Silaturahmi”.

Kasman, dalam ceramahnya mengungkapkan bahwa semasa hidupnya, Rasulullah Muhammad SAW sangat mencintai ummatnya. Bahkan menjelang wafatnya Rasulullah Muhammad SAW, masih memikirkan nasib ummat yang ditinggalkannya dengan menyebut Ummatii..Ummatii.. Ummatii.. sebanyak tiga kali.

“Artinya Rasulullah Muhammad SAW sangat cinta kepada ummatnya, untuk itu sudah selayaknya kita sebagai pengikut Ummat Nabi Muhammad SAW selayaknya cinta kepada Nabi Muhammad SAW, dan salah satu bentuk cinta kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW adalah dengan bershalawat dan merayakan hari lahir beliau (Nabi Besar Muhammad SAW) yang kita kenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW,” ulas Dr Kasman Hi Ahmad dari atas mimbar.

Lebih lanjut Kasman, menjelaskan terdapat tiga makna dari ucapan Rasulullah SAW tentang Ummatii.. Ummatii.. Ummatii..

Ummatii yang pertama kata Kasman, bermakna ummat yang ditinggalkan tidak boleh tertinggal secara Ilmu Pengetahuan, Ummatii yang kedua bermakna, ummat yang ditinggal jangan miskin secara ekonomi, sebab kemiskinan sangat dekat dengan kekufuran, dan Ummatii yang ketiga adalah bermakna bahwa ummat yang ditinggalkan jangan rusak moralnya.

Tidak hanya itu penceramah juga mengulas tentang Silaturahmi. Silaturahmi lanjut Kasman, memiliki tiga dampak positif yakni memperbanyak teman, memperpanjang usia dan membuka pintu rezeki.

“Untuk itu saya mengajak kita semua untuk memperbanyak silaturahmi, orang yang temannya sedikit atau pas pasan sudah bisa dipastikan orang itu jarang bersilaturahmi,” kata penceramah.

Silaturahmi lanjut Kasman, yang pertama harus dilakukan kepada kedua orang tua, lalu keluarga (istri dan anak), tetangga, orang yang menuntut ilmu dan orang miskin.

Sementara itu Ketua Bidang Humas dan Infokom yang juga selaku Juru Bicara SMANSA 90 Kota Ternate Arsad Sadik Sangaji, mewakili Ketua Panitia Halil Umar, kepada wartawan menjelaskan perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dilaksanakan untuk memperkuat hubungan silaturahmi antar alumni SMANSA 90 dan sebagai wujud cinta kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Foto: Suasana Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Assalam, saat Jubir mewakili Ketua Panitia sampaikan sambutan. (Istimewa).

Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1444H terlaksana lanjut Kolano Waigitang, sapaan akrab Arsad Sadik Sangaji, berkat kerja sama SMANSA 90 dan
BKM Assalam dengan PT Tamael Grup.

“Menebar Empati Perkuat Silaturahmi” lanjut Kolano Waigitang dijadikan tema sentral perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, karena memang Rasulullah Muhammad SAW merupakan sosok Nabi yang selalu menaruh empati kepada ummatnya salah satunya adalah empati Rasulullah SAW terhadap fakir miskin dan kaum dhuafa.

“Itu adalah contoh yang harus kita teladani dan kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Arsad Sadik Sangaji.

Sementara itu Ketua IKA SMANSA 90 Kota Ternate, Taufik Majid, yang juga Sekjen Kemendes yang sedianya hadir dalam Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW itu ternyata memiliki kesibukan yang penting di Jakarta sehingga belum sempat hadir mengikuti perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Sambutan Ketua IKA SMANSA 90 dibacakan oleh Ketua Harian IKA SMANSA 90 Saleh Sarbin. Saleh yang membacakan sambutan Ketua IKA SMANSA 90 memaparkan tentang pentingnya silaturahmi dan manfaat Shalawat kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Maulid Nabi Besar Muhammad SAW diikuti ratusan orang alumni SMANSA 90 Kota Ternate, diantaranya Bendahara Umum IKA SMANSA 90 Hi Abdussalam Tamaela atau biasa disapa Haji Semi, Lurah Jati dan undangan lainnya. (Tim/red)

IMG-20240428-WA0037
IMG-20240428-WA0019
previous arrow
next arrow
IMG-20240428-WA0004
IMG-20240428-WA0034
previous arrow
next arrow
IMG-20240428-WA0002
IMG-20240427-WA0061
IMG-20240428-WA0035
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *