Kemenag Halteng Gelar Sosialisasi Raport Digital Madrasah

  • Share

Reporter : Odhe
Editor : Redaksi

Halteng, TM – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Tengah Rabu, (12/1/22) siang tadi mengadakan sosialisasi terkait dengan penggunaan Raport Digital Madrasah (RDM) kepada seluruh Kepala Madrasah dan Operator Madrasah se Kabupaten Halmahera Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Halteng dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Halteng H. M. Qubais Baba.

“Di era digital saat ini suka atau tidak seluruh madrasah dituntut untuk melakukan hampir seluruh kegiatan admistrasinya secara digital, salah satunya adalah Raport Digital Madrasah (RDM) ini,” ujarnya.

Lebih lanjut H Qubais mengatakan, penggunaan RDM ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola Madrasah yang efektif dan efisien, olehnya itu dimohon kepada seluruh kepala Madrasah agar berperan aktif dalam mengontrol seluruh guru saat pengisian RDM. Jangan ada lagi alasan soal tidak tersedianya jaringan internet dan sebagainya karena RDM ini dapat diinput dari mana saja,” tambah H. Qubais dalam sambutannya.

Foto : Kegiatan Kemenag Halteng Sosialisasi Tentang Raport Digital Madrasah

Pada sosialisasi tersebut hadir sebagai pemateri yaitu Kepala Seksi KSKK Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Malut Rahdi Anwar yang didampingi oleh beberapa staf dari seksi KSKK Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara (Malut).

“Raport Digital Madrasah (RDM) adalah aplikasi yang dikembangkan secara internal Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam,” terang Kepala Seksi KSKK

Dijelaskannya, aplikasi RDM merupakan aplikasi pengolahan nilai peserta didik pada satuan pendidikan Madrasah yang merupakan pengembangan sekaligus pengganti dari Aplikasi Rapot Digital (ARD) yang sudah digunakan sebelumnya. Penyempurnaan tersebut merupakan suatu usaha untuk mengoptimalisasi pelayanan yang berlangsung di madrasah.

Pada sosialisasi RDM tersebut oleh staf Seksi KSKK Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara menjelaskan cara download dan install aplikasi hingga simulasi seluruh fitur-fitur yang terdapat pada RDM yang dapat diakses dari tingkatan Proktor hingga Guru-guru.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *